Dengarkan Radio Duta 90.9 FM Ambon - Radio Anak Muda No 1

Dari Posisi Ke-11, Vinales Hanya Meleset Satu Tempat dari Target

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, menutup balapan GP Jerman di Sachsenring, Minggu (2/7/2017), dengan finis di urutan ke-4.

Pebalap Spanyol tersebut mengawali balapan dari posisi start ke-11. Dengan sabar, satu per satu pebalap di depan dia lewati hingga akhirnya berada di urutan keempat.

"Realistisnya, hasil terbaik yang bisa kami dapatkan adalah posisi ketiga," kata Vinales setelah balapan.

Vinales gagal naik podium yang akhirnya dikuasai Marc Marquez (Repsol Honda Team), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech3), dan Dani Pedrosa (Repsol Honda Team).

"Jonas juga sangat kuat. Saya tidak tahu, jika memulai balapan dari baris depan, apakah saya akan mengambil risiko besar dan bersaing dengan Jonas dan Marc," kata pebalap 22 tahun tersebut.

"Buat saya, hasil maksimum yang sebenarnya bisa saya capai adalah posisi ketiga dan saya bisa meraih banyak poin," kata dia lagi.

Vinales belajar banyak dari kesalahannya pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, sepekan sebelum GP Jerman, ketika dia memulai balapan juga dari posisi start ke-11.

Karena ingin cepat sampai di depan dan bersaing untuk mendapatkan podium, dia justru melakukan kesalahan dan akhirnya terjatuh saat berada di urutan kelima.

Kali ini, Vinales memulai balapan dengan baik dan lebih sabar untuk melewati para pebalap di depan. Dia memang kehilangan banyak waktu pada awal balapan, tetapi pada akhirnya bisa meraup 13 poin.

"Saya merasa luar biasa pada pertengahan balapan dan tidak ada pebalap yang tepat di depan saya sehingga saya bisa dengan mudah melakukan putaran 1 menit 21 detik," kata Vinales.

"Sejak lap ke-10 hingga akhir, motor berfungsi sangat bagus dan saya senang. Namun, kami harus tetap bekerja lebih keras saat sesi latihan bebas supaya lebih kuat saat balapan," ujar dia menambahkan.

Vinales sempat terlibat persaingan sengit dengan rekan satu timnya, Valentino Rossi, saat memperebutkan tempat keempat.

Mereka sempat nyaris bersenggolan saat melewati tikungan 11. Rossi akhirnya menutup balapan dengan finis di urutan kelima.

Para pebalap MotoGP punya waktu jeda selama sekitar satu bulan sebelum menjalani seri kesembilan, GP Ceko.

Vinales kini berada di urutan kedua klasemen sementara dengan capaian 124 poin dan hanya terpisah lima angka dari Marquez yang berada di puncak.

 

 

Live Streaming

Download Mobile Apps

  • Gallery Foto

    • Event-Duta
    • Event-Duta
    • Event-Duta
  • Video

    • SuKa GuE HeheHe

Twitter Follow